8 Hal Paling Sering di Tanyakan Terkait Garam

Q: Mengapa para petani garam sangat membutuhkan sinar matahari?

A: Karena dengan adanya sinar matahari akan menguapkan air laut dan selanjutnya terbentuk menjadi garam.

Q: Garam Terbuat Dari Apa?

A: Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Q: Mengapa air laut bisa berubah menjadi garam?

A: Karena air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, tetapi tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).

Q: Apa Saja Manfaat Garam?

A: Berikut adalah beberapa manfaat dari garam.

  1. Mengatasi Jerawat
  2. Mengatasi bau mulut
  3. Mengobati luka
  4. Mencegah kekurangan iodine
  5. Menghidrasi Tubuh
  6. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  7. Mencegah Diabetes
  8. Menyehatkan kehamilan
  9. Menjaga kebersihan gigi
  10. Mengobati sakit tenggorokan

 

Q: Mengapa Air Laut Rasanya Asin?

A: Garam-garam mineral tersebut didapatkan dari batu-batuan serta kerak bumi yang dilalui sepanjang air mengalir. Saat sampai di laut, garam-garam mineral tersebut tetap tinggal sedangkan H2O menguap menjadi awan. Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Q: Apakah Garam Krosok Mengandung Yodium?

A: Garam meja – Yodium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan penambahan yodium pada garam, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan yodium ini dapat dicegah. Garam meja hampir seluruhnya mengandung natrium klorida murni, 97% atau lebih tinggi.

Q: Apa yang dimaksud dengan Garam Dapur?

A: Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

Q: Mengapa garam dapur jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan larutan elektrolit?

A: Garam dapur jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan elektrolit karena dapat terionisasi sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *